Kamis, 11 Januari 2018

Makalah tentang Supply dan Demand



MEKANISME TERJADINYA KESEIMBANGAN PASAR
DI PASAR IKAN

MAKALAH
Di susun dalam rangka melengkapi Tugas Pengantar Ilmu Ekonomi
Oleh
ELISABET PARAMITA DEVI SUSANTI
234316009
AP-16

MANAJEMEN TRANSPORTASI LAUT
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORTASI TRISAKTI
JAKARTA
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah melimpahkan rahmatnya sehingga dapat menyelesaikan makalah dengan judul MEKANISME TERJADINYA KESEIMBANGAN PASAR DI PASAR IKAN.
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk melengkapi tugas sebelum Ujian Tengah Semester Terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini serta member semangat kepada penulis.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan pada makalah ini, jadi kritik dan saran yang membangun penulis terima dengan tangan terbuka.Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan dapat menambah pengetahuan. Atas perhatian dan kerja samanya penulis mengucapkan terima kasih.

Jakarta,          November
2016


Penulis
 










 


BAB I
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG MASALAH
Pada pasar ikan kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan juga dapat terjadi pada pasar ikan.
Permintaan dan penawaran membentuk harga dan kuantitas keseimbangan. Artinya, permintaan akan selalu berinteraksi dengan penawaran sehingga membentuk harga dan kuantitas keseimbangan. Jadi, harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk di saat permintaan dan penawaran menemui suatu kesepakatan, yaitu tepat berada di perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran yang disebut titik keseimbangan. Kuantitas keseimbangan merupakan jumlah suatu barang atau jasa yang terbentuk saat terjadi harga keseimbangan.
Interaksi antara permintaan dan penawaran akan menciptakan keseimbangan pasar terjadi apabila pada harga keseimbangan jumlah barang yang diminta konsumen sama persis dengan jumlah yang ditawarkan produsen secara grafis keseimbangan pasar tercapai apabila kurva permintaan dan penawaran berpotongan.Pasar akan mengalami keseimbangan (equilibrium) jika kuantitas barang yang di minta sama dengan kuantitas barang yang ditawarkan dan tidak ada kekuatan internal yang menyebabkan perubahan. Harga keseimbangan terbentuk saat terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli pada tingkat dan jumlah barang tertentu.

B.       Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka, perumusan masalah dari judul “ mekanisme terjadinya Keseimbangan Pasar di Pasar Ikan” adalah :
1.      Apa pengertian dari pasar ?
2.      Apa yang di maksud dengan keseimbangan pasar?
3.      Bagaimana keseimbangan pasar dapat terjadi khususnya di pasar ikan ?
C.           Tujuan Penulisan
Berdasarkan masalah yang telah di paparkan diatas maka, penulis mendapati poin-poin penting yang menjadi tujuan dalam penulisan makalah ini “
a.       Untuk mengetahui tentang pasar khususnya pasar ikan.
b.      Untuk mengetahui tentang keseimbangan pasar yang terjadi pada pasar ikan .
c.       Untuk mengetahui cara terjadinya proses keseimbangan pasar , khususnya yang terjadi di pasar ikan.










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak ( kepemilikan) jasa dan barang. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan terjadinya transaksi jual beli setelah adanya kesepakatan mengenai harga dan jumlah barang antara penjual dan pembeli.

B.     Keseimbangan Pasar
Analisa keseimbangan adalah analisa penyesuaian harga menuju kesepakatan antara keputusan penjual dalam penawaran dan pembeli dalam pemintaan. Kondisi keseimbangan di perlukan agar konsumen maupun produsen mencapai nilai optimal atas terjadinya permintaan dan penawaran.
Keseimbangan pasar adalah suatu kondisi bertemunya antara permintaan dengan penawaran, sehingga harga yang diminta sama dengan harga yang ditawarkan, atau jumlah yang di minta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Pergeseran kurva permintaan ke kanan akan mengakibatkan harga (P) dan jumlah barang yang diminta (Q) meningkat. Dan pergeseran kurva permintaan ke kiri akan mengakibatkan harga )P) turun dan jumlah barang yang diminta (Q) berkurang.
Gambar keseimbangan pasar
C.     Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar
Proses terbentuknya harga keseimbangan berawal dari adanya interaksiantara pembeli (permintaan) dan penjual (penawaran) yang dilakukan secara wajar. Interaksi antara permintaan dan penawaran sangat dipengaruhi olehhukum permintaan dan penawaran karena hal berikut:
1.Hukum permintaan menyatakan bahwa permintaan cenderung akanbertambah apabila harga berangsur turun.
2.Hukum penawaran menyatakan bahwa penawaran cenderung akanbertambah jika harga berangsur naik
Harga pasar akan tercapai setelah melalui serangkaian proses tawar – menawar antara penjual dan pembeli.Apabila harga barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual dirasa terlalu tinggi oleh pembeli maka barang dan jasa tersebut tidak dapat terjual.Istilah Surplus dikenal dengan pengertian suatu keadaaan dimana terjadi kelebihan penawaran.Istilah Shortage dikenal dengan pengertian suatu keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan.Prinsip Ceteris Paribus berlaku dalam hal ini, yaitu Harga merupakanü satu – satunya faktor yang menentukan permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual.
Faktor – Faktor yang mempengaruhi harga pasar :
1.Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan jumlah barang atau jasa terbatas.
2. Tinggi rendahnya biaya produksi.
3.Pandangan masa depan dari produsen atau konsumen.
4.Produsen mengetahui selera konsumen.
5.Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, sedangkan daya beli konsumen Tetap atau berkurang.
Peranan Harga pasar dalam perekonomian :
1.Menunjukan perubahan kebutuhan masyarakat.
2.Membantu menentukan penawaran.
3.Menggerakkan pengusaha untuk berkreasi terhadap perubahan permintaan
Fungsi harga pasar adalah sebagai berikut :
1.Menentukan jenis barang yang akan diproduksi.
2.Menentukan pembagian hasil produksi diantara para konsumen.
3.Menentukan teknologi yang akan digunakan dalam proses produksi.
Contoh Kurva keseimbangan Pasar di Pasar ikan:


Tabel :
Harga
(P)
Jumlah Permintaan
(Qd)
Jumlah penawaran
(Qs)
Rp 600.000,-
30 Kg
70 Kg
Rp 500.000,-
40 Kg
60 Kg
Rp 400.000,-
50 Kg
50 Kg
Rp 300.000,-
60 Kg
40 Kg
Rp 200.000,-
70 Kg
30 Kg







 Kurva keseimbangan Pasar (Equilibrium) di Pasar Ikan
Keseimbangan pasar terjadi pada Titik (E), dimana permintaan dan penawaran jumlah ikan per Kg sebanyak 50 Kg dan pada titik harga (P) Rp 400.000,- . Pada titik E tersebutlah penjual dan pembeli mencapai kesepakatan dan terjadilah jual beli barang.







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak.   
Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk di saat permintaan dan penawaran menemui suatu kesepakatan, yaitu tepat berada di perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran.
B.     Saran
Demikianlah makalah ini semoga dapat mendapat antusias yang baik dari para pembaca, jika ada dalam kata, kalimat atau penyusunan makalah ini mengalami kesalahan mohon kiranya dapat di maklumi dan dapat memberikan saran dan kritik yang bersifat membangun.

C.      
DAFTAR PUSTAKA 
Gilarso.T,2003. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta:Kanisius
Wikipedia Indonesia.2010.Jakarta : Depdiknas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar